booble.id - Sales Funnel dan Penerapannya dalam bisnis.
Sales Funnel dan Penerapannya dalam bisnis.

Sales Funnel dan Penerapannya dalam bisnis.

Dalam menjalankan bisnis di bidang apapun, kita harus menjalankan sales funnel agar kita tau bagaimana alur yang pas dalam proses mendapatkan customer.Sales Funnel adalah konsep marketing yang memetakan perjalanan pelanggan ketika melakukan pembelian.Konsep ini dimodelkan dengan funnel atau corong sebagai analoginya. Di awal mungkin terdapat banyak pelanggan potensial, namun hanya sebagian yang akhirnya benar-benar melakukan pembelian.Ketika calon pembeli melalui setiap tahapan dalam funnel, artinya adalah calon pembeli melakukan komitmen hingga mencapai pembelian. Sebagian besar bisnis menggunakan model funnel sebagai panduan dalam melakukan marketing.

Sejak calon pembeli mendengar produk Anda hingga akhirnya membeli, mereka melalui beberapa tahapan dalam sales funnel Anda. Perjalanan pembeli dapat berbeda satu sama lain, tergantung dari buyer persona dan jenis produk dan jasa yang ditawarkan.Sebelum mulai membangun sales funnel, sangat penting untuk memiliki visi dalam bisnis, membangun strategi marketing, dan menentukan target pembeli untuk perkembangan bisnis Anda.

Setelah mengetahui artinya, untuk memahami lebih lanjut tentang konsep sales funnel dan bagaimana cara mengimplementasikannya ke dalam marketing bisnis, lihatlah gambar berikut ini sebagai contoh.

Tahapan-tahapan sales funnel adalah sebagai berikut:

Tahap 1: Awareness

Tahap pertama sales funnel adalah awareness atau kesadaran. Pada tahap awal funnel, calon pembeli menyadari keberadaan bisnis Anda melalui marketing yang Anda lakukan. Mereka sadar akan kebutuhan dan masalah yang mereka miliki serta bagaimana mengatasinya. Tahap ini adalah saat di mana mereka datang mengunjungi website Anda, baik melalui sosial media, iklan, pencarian Google, dan media lainnya.

Sangat penting untuk mengetahui apa yang terjadi ketika calon pembeli datang melalui berbagai media yang Anda tawarkan. Mereka tentu datang karena tertarik dengan penawaran yang menarik.

Tujuan dari keseluruhan sales funnel adalah untuk mengatasi masalah pembeli. Jika Anda tahu masalahnya, lalu membuat konten yang menarik, dan menawarkan produk atau jasa untuk masalah tersebut, pembeli akan berdatangan. Namun, perlu usaha marketing yang tepat untuk mendapat awareness dari pembeli.

Terlepas dari bagaimana calon pembeli masuk ke funnel marketing Anda, Anda harus membuat mereka melewati tahapan-tahapan hingga akhirnya menjadi pembeli. Ketika sudah berhasil membangun awareness calon pembeli, Anda perlu membangun ketertarikan mereka.

Tahap 2: Interest

Tahap kedua sales funnel adalah interest, artinya calon pembeli menunjukkan ketertarikan terhadap produk atau jasa Anda. Mereka akan mem-follow media sosial atau melakukan subscribe email. Ketika sudah menunjukkan ketertarikan, Anda perlu ‘melatih’ calon pembeli untuk terus mengunjungi konten yang Anda miliki. Untuk itu perlu membuat strategi marketing konten yang menarik agar mereka tetap berada pada funnel.

Jika calon pembeli ‘diracuni’ terus menerus, mereka akan ingat dan terus terbayang dengan produk yang ditawarkan, hingga akhirnya sampai ke tahap berikutnya yaitu decision.

Tahap 3: Decision

Tahap ketiga dari sales funnel adalah calon pembeli membuat keputusan untuk mengambil keuntungan dari solusi yang ditawarkan. Mereka lebih memperhatikan penawaran yang ada, termasuk pilihan-pilihan yang tersedia, hingga akhirnya memutuskan untuk membeli.

Namun, membuat calon pembeli hingga ke tahap ini tidaklah mudah. Selain membuat copywriting yang menarik, Anda harus memiliki review dan testimoni yang banyak dari pembeli. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk membuat orang memutuskan untuk membeli. Orang tidak akan membeli tanpa melihat review dari pembeli lain. Ketika memastikan produk yang ditawarkan benar-benar bagus dan terpercaya, orang akan semakin yakin untuk membuat keputusan, apalagi jika yang membuat review adalah orang terkenal dan berpengaruh.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat video testimonial. Cara ini dipermudah dengan keberadaan Instagram. Sebagai salah satu media sosial paling efektif saat ini, Instagram mempermudah pemilik bisnis online untuk memasarkan produk mereka. Mereka bisa melakukan endorse kepada influencer terkenal untuk mempromosikan produk yang dimiliki melalui postingan di feed atau Instagram story. Seperti istilahnya, para influencer ini memiliki pengaruh luar biasa terhadap keberhasilan suatu bisnis. Jika seseorang melihat influencer yang mereka kagumi menggunakan produk tertentu, para pengikutnya akan terpengaruh dan kemungkinan mereka memutuskan untuk membeli semakin besar. Penggunaan Salah satu keefektifan marketing sales funnel adalah Instagram.

Tahap 4: Action

Tahapan terakhir dalam sales funnel adalah aksi, artinya yaitu ketika calon pembeli melakukan pembelian.Ketika sudah sampai tahap ini, pemilik bisnis dapat menggunakannya untuk melakukan prediksi. Misalnya, Anda mengeluarkan biaya 2 juta rupiah untuk menarik 100 orang, namun pada akhirnya hanya ada 5 orang yang menjadi pembeli dengan memberi pemasukan 6 juta rupiah. Dengan demikian, Anda mendapat 6 juta rupiah untuk tiap investasi 2 juta rupiah, yang artinya return of investment (ROI) sebesar 300%. Jika tahu conversion value yang dihasilkan, hal ini dapat digunakan untuk menskalakan bisnis Anda.

Nah itulah tadi 4 Tahapan sales funnel dalam sebuah bisnis, namum dalam penerapannya mungkin akan ada perbedaan urutan, namun tujuan utamanya adalah bagaimana kita menemukan proses yang tepat dalam membuat customer belanja atau membeli product yang kita jual. nah setelah kamu berhasil mendatangkan customer dengan sales funnel tentu saja hal yang wajib kamu perhatikan adalah bagaimana pendataan Customer, penjualan sampai laporan keuangan. Kamu bisa mencatatnya secara manual tapi jika customer dan ttansaksi harianmu sudah ratusan bahkan sampai ribuan tentu kamu akan sangat kewalahan. oleh karena itu kamu harus menggunakan aplikasi kasir dan keuangan booble.id agar pencataan data customer, penjualan, sampai keuangannmu tercatat dengan rapih.

booble.id

Comments

booble.id
MAKASSAR WEATHER
booble.id