booble.id - Strategi membuat program diskon yang terbukti efektif meningkatkan penjualan
Strategi membuat program diskon yang terbukti efektif meningkatkan penjualan

Strategi membuat program diskon yang terbukti efektif meningkatkan penjualan

Membuat program diskon adalah salah satu langkah promosi terbaik untuk meningkatkan penjualan toko kita. Program diskon memiliki banyak sekali manfaat, terutama dalam meningkatkan penjualan. Hal ini pula yang diungkapkan oleh rudianto,bahwa sekitar 57% konsumen lebih memilih untuk membeli suatu produk saat ada diskon.tak heran, para pengusaha berlomba-lomba membuat program diskon besar-besaran untuk menarik perhatian konsumen. Kalau anda sendiri bagaimana? Apakah sudah membuat program diskon di toko anda? Atau, jangan-jangan anda telah mencoba berbagai jenis diskon, tapi untungnya tak seberapa?

Wah, kalau sampai kejadian seperti itu, jangan langsung menyerah ya! Jangan-jangan anda belum menerapkan strategi yang tepat dalam membuat program diskon. Makanya, program diskon yang anda buat kurang menarik perhatian

Nah, supaya anda tidak gagal lagi, coba lakukan langkah-langkah berikut sebelum membuat program diskon untuk toko anda.

1. Buatlah konsep diskon yang unik

Langkah pertama dalam membuat program diskon yang efektif untuk meningkatkan penjualan adalah merancang konsep diskon yang unik. Cobalah membuat konsep diskon yang belum pernah dilakukan brand lain, atau minimal jarang digunakan.

2. Gunakan psikologi harga dalam menetapkan diskon

Dalam menentukan harga jual produk yang didiskon juga jangan asal-asalan. Ini adalah salah satu strategi membuat program diskon yang terbukti meningkatkan penjualan, tapi jarang dilakukan oleh pengusaha.

Dalam menentukan harga jual, sebaiknya anda memperhatikan faktor psikologis konsumen yang lebih tertarik membeli barang dengan harga yang lebih murah. Meskipun hanya selisih 100 rupiah, konsumen akan lebih memilih harga yang lebih murah.maka, tak heran banyak kita jumpai harga jual seperti 2.990, 59.900, 99.000. Dst. Hampir semuanya tidak membulatkan harga jual produknya. Kenapa? Disinilah faktor psikologis bekerja. Ketika konsumen dihadapkan pada pilihan harga 99.000 dan 100.000 rupiah, mereka pasti lebih tertarik dengan harga 99.900. Dalam benak mereka, harga 99.000 lebih murah (karena tidak sampai 100.000). Padahal, selisihnya hanya 100 rupiah saja.

Jadi, pastikan anda menerapkan psikologi harga yang tepat dalam menentukan harga jual produk anda. Sehingga, konsumen lebih tertarik untuk membeli produk anda.

3. Tentukan durasi penukaran diskon

Untuk menambah urgensi, sehingga konsumen segera membeli produk anda, maka anda pelu menerapkan durasi penukaran diskon. Jangan terlalu lama, tapi jangan terlalu pendek. Namun, penentuan durasi ini juga bergantung pada jenis promo diskon yang anda buat. Misalnya, anda pemilik bakery yang memberikan diskon buy 1 get 1 free pada saat 30 menit terkahir sebelum toko tutup, maka itu sah-sah saja. Durasinya pendek, namun anda rutin mengadakan promo tsb setiap

4. Tetapkan minimal pembelian

Dengan menetapkan minimal pembelian tertentu, anda bisa menjual lebih banyak produk, dan tentunya omzet yang anda dapatkan akan lebih banyak. Jadikan penetapan minimal

Pembelian ini sebagai syarat yang harus dipenuhi pelanggan jika ingin mendapatkan harga diskon. Misalnya, beli 2 gratis 1, atau beli 3 dapat diskon 50%, dst. Dengan cara ini, pelanggan akan memilih untuk membeli lebih banyak produk. Karena diskon hanya bisa didapat jika mencapai minimum pembelian yang sudah ditentukan

5  Tambahkan promo gratis ongkir/ free gift

Setiap orang pasti suka mendapatkan yang gratis-gratis. Mulai dari gratis ongkos kirim (ongkir), hingga gratis hadiah/ bingkisan menarik. Nah, ini bisa anda jadikan alternatif untuk membuat program diskon yang dapat meningkatkan penjualan secara signifikan.selain memberikan potongan harga, coba tawarkan promo gratis ongkir/ free gift menarik untuk konsumen yang melakukan pembelian dengan nominal tertentu. Cara ini pasti bisa menjadi langkah jitu dalam meningkatkan ketertarikan konsumen untuk memborong produk anda.

6.  Coba terapkan impulse buying

Impulse buying adalah strategi menawarkan promo produk tanpa rencana di awal. Artinya, produk yang didiskon dijual secara tak terduga-duga dan ditawarkan secara langsung kepada pelanggan. Teknik ini sering digunakan oleh beberapa ritel yang ingin menghabiskan stok produk lama. Biasanya, tanpa rencana panjang terlebih dahulu, mereka langsung memajang beberapa produk yang didiskon.

Jika anda ingin menerapkan teknik impulse buying, anda bisa mengkombinasikannya dengan beberapa teknik berikut:

Cross selling, yaitu menawarkan produk yang berbeda dari yang telah dibeli konsumen

Up selling, yaitu menawarkan produk yang sama, tetapi memiliki nilai jual yang lebih tinggi dengan kompensasi tambahan manfaat bagi konsumen

Bundling, yaitu menawarkan dua atau lebih produk sekaligus, di mana harga jualnya akan lebih rendah dibanding dengan total harga masing-masing item semua produk yang di-bundling tersebut.

Oh ya, untuk mendukung program diskon di toko anda, kini aplikasi kasir booble.id telah dilengkapi fitur “promo & diskon”.

Sehingga, anda tidak perlu repot menghitung berapa total yang harus dibayar pelanggan setelah dikurangi diskon.

Semua itu bisa anda lakukan secara otomatis melalui fitur “promo & diskon” di aplikasi kasir dan laporan keuangan booble.id.

Download/langganan aplikasi pos booble.id di google play store atau klik link ini https://booble.id/

Dan dapatkan banyak kemudahan mengelola penjualan. Coba sekarang juga!

booble.id

Comments

booble.id
MAKASSAR WEATHER
booble.id