booble.id - Usaha Makin Untung di Era New Normal
Usaha Makin Untung di Era New Normal

Usaha Makin Untung di Era New Normal

Hai Sobat Booble, kali ini kita akan bahas Materi dari Booble Talk Episode 4 yang di bawakan oleh kk Suryana Asba, SE.Ak. Booble Talk adalah program yang tanyang Live setiap hari jumat di Instagram @booble.id_. Nah kali ini kita akan bahas poin penting dari beberapa pertannyaan yang di Ajukan ke pemateri baik lewat DM/ pertanyaan langsung saat live.

Sedikit Rangkuman Materi nya yaitu : Hal yang perlu di perhatiakan pemilik usaha di Era New Normal ini adalah Post Income, (Kebutuhan,keinginan dan Saving), Coba Beralih Ke Online, Pivot, Mereview  biaya, Monitoring biaya (hpp,gaji karyawan,operasinal), Mulai berhemat dan Monitoring laporan keuangan setiap saat. Berikut Jawaban dari pertanyaan saat Live Booble Talk.

 

1. Bagaimana mengetahui secara rinci angka kerugian yang dialami selama pandemi? kemudian langkah apa yah yang harus diambil selanjutnya dalam menghadapi kondisi New Normal ?

Sebagai pemilik usaha kita dituntuk untuk melihat kondisi usaha by data atau laporan keuangan,Mereview biaya, negosiasi pihak ketiga (Suplayer), Restrak Pinjaman Bank untuk pengurangan/penundaan pembayaran, Nogosiasi pihak internal (Gaji karyawan), Monitoring persediaan (Minialisir stok yang kurang laku, Maksimalkan metode Pre-Order),  Menyisihkan pendapatan untuk biaya cadangan. Monitoring Budgeting (sesuai atau tidak dengan Actualnya) Pencatatandengan disiplin.

 

2. Mewakili teman-teman UKM/UMKM  dan Sobat Booble nih kak, ada nggk sih tips dan trik Mengontrol kondisi keuangan agar tetap stabil di Era New Normal ini ?

Mengontrol keuangan dengan ter Digitalisasi Agar Informasi  keuangan bisa di dapatkan dengan cepat dan tepat, Seperti menggunakan Aplikasi Kasir dan Laporan Keuangan Booble.id

 

3. Nah ini juga banyak Sobat Booble yang DM mengenai kondisi new normal ini banyak yang putar haluan ganti usaha, nah kalau menurut pandangan kk yana sebagai konsultan keuangan, sudah tepatkah hal tersebut ? 

Untuk putar sebenarnya tidak masalah, kita lakukan Pivot  dan maksimalkan sumber income. Yang harus diperhatiakan saat melakukan pivot adalah harus memastikan usaha yang dilakukanbenar-benar menghasilkan Income. Jangan sampai saat memulai usaha baru malah menambah biaya, Contoh Konveksi Pivot ke pembuatan Masker.

 

4. Kan Tadi kita sudah bahas nih kk beberapa teman-teman pengusaha yang usahanya sepi karena Efek new normal ini tapi ada juga nih kk kondisi usaha yang tambah lancar tapi pemasukan segitu Gitu saja, tidak ada keuntungan pada hal pemasukan lancar, nah ini kendalanya di mana yah kk ?

Biasa terjadi karna adanya bocor-bocor halus pada post post yang tidak di monitor dengan baik Seperti biaya-biaya operasional yang membengkak jadi untuk menghindari hal itu  kita harus monitoring Laporan laba Rugi setiap saat dan  Monitoring semua laporan keuangan sebagai bahan pengambilan keputusan.

 

5. Cara Mengatur Keuangan Pribadi  dengan usaha agar tidak tercampur ?

memisahkan Rekening pribadi dan Rekening usaha, agar kita mengetahui pertumbuhan usaha,jangan sampai kita usaha untuk menambah tabungan tapi malah menguras tabungan. Selanjutnya yaitu Menentukan Gaji  dan Deviden Owner (jangan mengambil lebih dari Gaji).

 

6. Produk saya di Fashion, pertanyaan saya bagaimana teknik penjualan  di new Normal sekarang Agar penjualan Efektif, sementara masyarakat sekarang lebih butuh sembako daripada Pakaian.

Menambah Budjet Marketing, Maksimalkan Konten Social Media dan Memberikan Value-value yang lain seperti COD dan Pengembalian barang jika ukuran tidak pas.

Nah itulah tadi rangkuman pertanyaan dari Booble Talk Episode ke Empat, Semoga Materinya bisa memberi sedikit pencerahan kepada sobat booble yang memiliki masalah di usahanya di Era New Normal ini, Nantikan Booble Talk Berikutnya Minggu depan.

 

booble.id

Comments

booble.id
MAKASSAR WEATHER
booble.id